Aplikasi Geomembrane HDPE Untuk Petani Garam

jual geomebrane hdpe
jual geomebrane hdpe
Saat ini aplikasi material geomembrane HDPE tidak hanya dipergunakan untuk perusahaan perusahaan besar yang mengaplikasikan nya untuk kegiatan produksi semata.

Para petani dan pelaku usaha UKM pun telah melirik penggunaan material geomebrane HDPE untuk dapat menunjang usaha yang mereka jalani.

Seperti yang dilansir oleh industri.bisnis.com saat ini para petani garam sudah mulai menggunakan geomebrane HDPE untuk tambak mereka walau belum mencapai 50% penggunanya.

Setidaknya hal ini membuka mata para petani untuk dapat menggunakan teknologi geomembrane HDPE untuk meningkatkan produksi dan hasil yang maksimal.

Salah satu malalah yang dihadapi oleh petani garam di sejumlah daerah yang belum mengadopsi teknologi geomembran terkendala harga geomembrane hdpe yang tinggi dan modal.

Seperti yangdisebutkan oelh salah seorang petani asal Kecamatan Losarang, Indramayu, baru 1 hektare tambak dari 700 hektare tambak menggunakan geomembran hdpe.

Keuntungan memakai teknologi geomembrane HDpe adalah jangka waktu panen lebih lama sehingga meski produksi bisa naik, saat ini petani masih ingin melihat hasilnya terlebih dahulu.

Geomembran merupakan lembaran untuk menampung air laut bahan garam. Lembaran tersebut dihamparkan di tambak tradisional, lantas dimasukkan air laut ke dalamnya.

Dengan teknologi geomembran hdpe membuat masa panen garam perlu sepekan, berbeda halnya dengan cara tradisional petani biasa memanen setiap tiga hari sekali.

Perbedaan masa panen mendorong membuat petani belum tertarik mengadopsi teknologi ini. Walaupun dari sisi produksi garam dapat meningkat sebesar 20%.

Untuk dapat mengadopsi teknologi geomembrane hdpe ini para petani garam memerlukan modal untuk Pemasangan jual geomebran hdpe memerlukan biaya Rp24 juta.

Dengan menggunakan geomembrane hdpe dapat membuat airnya bisa panas baik siang maupun malam sehingga penguapan lebih baik.

Menurutnya bila ada skema pembiayaan lebih ringan bisa saja petani diarahkan mengadopasi teknologi tersebut mengingat daftar harga geomembrane yang cukup tinggi.

Pembiayaan menjadi penting karena ini terkait mengubah kebiasaan panen tiga hari sekali menjadi sepekan sekali.

Dengan modernisasi teknologi penggunaan geomembrane hdpe ini tidak hanya dapat meningkatkan harga jual garam tetapi juga dari sisi kualitas lebih baik.

Comments